Turki: Eski Çarşı, Safranbolu, Kota Tua

21 Januari 2023

Tepat di minggu ke-3 tahun 2023 kita balik lagi ke Safranbolu. Ya, dengan tujuan yang berbeda dari sebelumnya dan dengan cuaca yang cukup cerah pada saat winter. Bahkan aku gak pakai jaket tebel. Jaket tebelnya aku bawa untuk jaga-jaga kalau tiba-tiba suhunya turun dan mataharinya gak keliatan. Tapi ternyata di Safranbolu saat itu cukup hangat. Jadi bener-bener gak kepake jaket winternya. Pakai 1 jaket pun udah cukup hangat.

Tujuan kita kali ini adalah ke Eski Çarşı, Kota Tua di Safranbolu yang masuk ke dalam list World Heritage Convention UNESCO. Tapi sebelum ke sana, kita ke daerah Cam Teras, Tokatlı Kanyonu, dan Zip Line.

Tapi, karena sebagian dari kita orang Indonesia termasuk aku sudah pernah ke Tokatlı Kanyonu, jadi foto kita yang bareng-bareng cuma sedikit. Sisanya kebanyakan foto Hilman dan Sufyan, karena mereka berdua baru first time ke sini.

Masih dengan lokasi yang sama tapi dengan cuaca yang cerah, gak berkabut kayak awal ke sini. Jadi hasil foto pun lebih clear🥹

Kita ke sini lagi lagi bareng hoca. Rencana awalnya mau ke Amasra, tapi karena orang Indonesia di kelas Tömer-ku ada 6 orang dan sudah dipastikan 99% ikut trip, kita agak protes karena bosen ke Amasra (meskipun baru sekali ke sana hehe). Selain itu karena seperti yang diawal sudah aku bilang, Hilman dan Sufyan (2 orang dari 6 orang Indonesia di kelas) belum pernah ke Safranbolu, akhirnya kita bujuk hoca untuk ke Safranbolu aja dan hoca kita mau!😆

Sebelum ke Tokatlı Kanyonu, kita penasaran sama tebing yang jadi background foto kita di sana. Karena pas awal tahun ke sini, kita gak berani untuk jalan ke tebing sana. Selain karena first time ke sana, waktu itu pun lagi berkabut parah dan tebingnya gak ada pembatas. So, daripada ambil risiko lebih baik kita cari aman kan ya?

Kali ini kita berani jalan ke sana dan karena temanku Ishlah juga bawa drone, jadi sekalian lah kita foto di sana.

Setelah puas foto-foto dan take video pakai drone di sana, kita turun lagi ke Tokatlı Kanyonu. Gak banyak foto-foto di sini, karena ini kedua kalinya ke sini. Meskipun gak berkabut kaya sebelumnya, tapi paham kan ya kalau udah pernah ke satu tempat, pas ke sana lagi tuh ya gak se-excited pertama kali semangat untuk foto-foto dan sebagainya.

Akhirnya cuma menikmati pemandangan aja di sini dan bener-bener ngerasa kaya healing.

Setelah dari Cam Teras, Tokatlı Kanyonu, dan Zip Line, kita lanjut ke Eski Çarşı. Gak banyak yang bisa diceritain di sini karena kita dateng udah siang banget sekitar jam 2 siang. Selain itu juga kaya diburu-buru banget jalan-jalan di Eski Çarşı ini. Sedikit info yang aku denger, foto rumah kedua dan ketiga adalah salah satu rumah tertua di sini. Bangunannya udah sekitar 100 tahun.

Setelah jalan-jalan dan diceritain sejarah yang ada di Eski Çarşı –oh iya kita diceritain sejarah Eski Çarşı, tapi aku minta maaf karena ga bisa cerita ulang soal sejarahnya. Alasan utamanya adalah karena bahasa turki-ku masih belum bagus. Masih belum paham apa yang diomongin oleh warga lokal, terutama kalau mereka ngomongnya cepet banget. Pahamnya sedikit-sedikit. Kecuali kalau hoca yang ngomong. Karena hoca kalau ngomong bener-bener ngertiin kita banget dengan bahasanya yang sederhana dan speednya ngikut kita– kita lanjut ke Kahve Müzesi.

TMI, aku seneng banget kalau jalan-jalan ke museum-museum. Walaupun gak paham-paham amat soal seni, tapi aku seneng menikmati isi museum. And I’m always amazed with all of things in Museum. Litteraly, akan aku baca satu-satu and my reactions will be always like “WAAAH,” “keren,” dsb. Ya bisa kalian bayangkan sendiri lah ya bagaimana ekspresiku HAHA.

For your information, sesuai dengan nama museumnya Kahve Müzesi (Museum Kopi), museum ini menampilkan benda-benda bersejarah yang berkaitan dengan kopi. Ada replika cangkir kopi terakhir yang terakhir dipakai Ataturk, penggiling kopi yang usianya udah 1 abad, dibek dan teko kopi zaman dulu, dsb. Bahkan biji-biji kopi dari berbagai negara pun ada di sini. Salah satunya biji kopi dari Indonesia.

Selain itu, sesuai dengan namanya Safranbolu, tentu yang jadi ciri khasnya adalah rempah safron. Ya, di sini juga ada kopi dari safron.

Oh iya, biaya masuk ke Kahve Müzesi ini adalah 10TL (±IDR 8k). Murah banget kan?

Selesai dari museum kopi, kita lanjut jalan-jalan lagi keliling Eski Çarşı. Sebelum akhirnya pulang. BTW kayanya kita berenam sempet foto pas keliling cuma gak tau fotonya ke mana.

Okay, sekian cerita perjalanan kali ini. See you di post berikutnya. Spoiler dikit, post berikutnya kalian akan melihat salju lagi. Ini bukan spoiler dikit sih wkwk.

ps: harga yang aku tulis di sini dan yang aku hitung itu berdasarkan kurs per tanggal 21 Januari 2023.

Leave a comment